Bahas Soal Banyak Gamers Yang Meninggalkan Ragnarok Official

Bahas Soal Banyak Gamers Yang Meninggalkan Ragnarok Official


ragnarok online

Mungkin bagi gamers yang mulai mencicipi game online sejak tahun 2000an harusnya tidak lupa dengan sebuah game yang masih eksis sampai sekarang yaitu Ragnarok Online. Ragnarok adalah animasi yang diciptakan oleh Lee Myung-jin yang kemudian dibuatlah menjadi sebuah game yang terkenal saat ini. Ragnarok Online sebelumnya diresmikan launching di indonesia pada tahun 2002 oleh Lyto dan sekarang sudah dipindahkan ke publisher Gravindo.

Ragnarok Online sebelumnya pemainnya bisa dihitung lebih dari ratusan ribu orang memainkan game ini bahkan lebih. Namun dengan berjalannya waktu banyak gamers yang mulai meninggalkan game tersebut dan tentunya meninggalkan game tersebut bukan tanpa alasan walaupun ada yang berhenti main karena Ragnarok Online yang sekarang tidak seklasik dulu.


Alasan pertama sebenarnya sudah banyak yang mengetahuinya yaitu BOT. BOT itu sendiri adalah sebuah program yang dibuat oleh programmer untuk mempermudah gamers dalam farming level , farming item dan uang secara program atau auto tanpa manual. Jadi hal ini memang menguntungkan gamers tapi sebaliknya merugikan gamers yang benar-benar main dengan manual. Coba dipikirkan lagi jika saat lagi farming level dan memerlukan party atau grub namun disaat hunting menemukan seseorang dan ingin meminta grub sebaliknya yang kalian ketemu itu hanyalah BOT, Kecewa bukan?

Alasan kedua adalah harga zeny (uang dunia ragnarok) jatuh. Tentu sebenarnya ini hal karena selama ini yang bermain game kebanyakan pasti ada melakukan hal yang dinamakan RMT atau biasa kita sebut Real Money Trading. Harga zeny yang pada awal perilisannya tentunya orang kaya zeny sangatlah dikit dan zeny sangat diperlukan setiap saat sehingga harga zeny bisa diharga yang fantastis. Pada saat saya baru main uang zeny sudah jatuh dan berada pada Rp 20.000/1 juta zeny. Sekarang uang 1 juta zeny mungkin hanya Rp 5 ribu saja atau bahkan lebih rendah. Lalu pengaruh turunnya zeny itu karena apa? Hal tersebut bisa terjadi karena inflasi uang di dunia Ragnarok serta karena banyak BOT jadi uang zeny menjadi tidak susah untuk dimiliki.

Alasan ketiga adalah semakin tinggi harga barang yang berpengaruhnya semakin rendah harga zeny. Ini menjadi alasan utama karena penjual barang ingin mendapatkan lebih sebaliknya karena harga zeny sudah menurun jadi barang yang dijual punya alasan dinaikkan untuk bisa mendapatkan harga yang lebih memadai ketika uang tersebut dilakukan ke RMT. Seperti Pupa Card yang sebelumnya hanya dijual 2.000.000 zeny bisa naik menjadi 5.000.000 zeny karena pengaruh harga zeny di RP menurun.

Jadi ini saja alasan kenapa beberapa gamers mulai meninggalkan game yang sebenarnya masih popular saat ini tapi tidak sepopular saat awal launchingnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*